Komponen Elektronika

A. Potensiometer
Potensiometer (POT) adalah salah satu jenis Resistor yang Nilai Resistansinya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Rangkaian Elektronika ataupun kebutuhan pemakainya. Potensiometer merupakan Keluarga Resistor yang tergolong dalam Kategori Variable Resistor. Secara struktur, Potensiometer terdiri dari 3 kaki Terminal dengan sebuah shaft atau tuas yang berfungsi sebagai pengaturnya


B. LED
Lampu LED atau kepanjangannya Light Emitting Diode adalah suatu lampu indikator dalam perangkat elektronika yang biasanya memiliki fungsi untuk menunjukkan status dari perangkat elektronika tersebut.


C. Photo Resistor
Photoresistor adalah komponen berbasis semikonduktor yang resistensi berkurang jika ada cahaya lebih terang yang jatuh di atasnya.Photoresistors biasanya digunakan dalam rangkaian pengindera cahaya tetapi tidak baik untuk perubahan cahaya yang cepat.


D. DC Motor
Motor DC adalah motor listrik yang memerlukan suplai tegangan arus searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi gerak mekanik. Kumparan medan pada motor dc disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Motor arus searah, sebagaimana namanya, menggunakan arus langsung yang tidak langsung/direct-unidirectional.
pengertian motor DC,teori dasaar motor DC,motor DC adalah.jenis motor DC,jenis-jenis motor DC,tipe motor DC,karakter motor DC,kecepatan motor DC,definisi motor DC,bagian utama motor DC,harga motor DC,jual motor DC,tegangan kerja motor DC,beli motor DC,motor DC murah,motor DC kecepatan tinggi,bagian-baigan motor DC,prinsip kerja motor DC,sistem kerja motor DC,torsi motor DC,aplikasi motor DC,sumber daya motor DC,Motor DC sumber daya terpisah,Motor DC sumber daya sendiri,Motor DC Tipe Shunt,Motor DC Tipe Seri,Motor DC Tipe Kompon,rumus motor DC

E. Arduino Board
Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.
Hasil gambar untuk Arduino board adalah
F. Motor Servo
Motor servo adalah sebuah motor DC yang dilengkapi rangkaian kendali dengan sistem closed feedback yang terintegrasi dalam motor tersebut. Pada motor servo posisi putaran sumbu (axis) dari motor akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol yang ada di dalam motor servo.
motor servo,teori motor servo,definisi motor servo,bentuk motor servo,dasar teori motor servo,pengertian motor servo,analisa motor servo

G. Relay
Relay adalah merupakan salah satu jenis switch (sakelar). Perbedaanya dengan sakelar adalah relay dikendalikan secara elektronik, sedangkan switch/sakelar dikendalikan secara mekanik. Relay menggunakan prinsip elektromagnet koil (kumparan).
Mengenal dasar, jenis dan bagian dari Relay
H. Breadboard
Project Board atau yang sering disebut sebagai BreadBoard adalah dasar konstruksi sebuah sirkuit elektronik dan merupakan prototipe dari suatu rangkaian elektronik. Di zaman modern istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada jenis tertentu dari papan tempat merangkai komponen, dimana papan ini tidak memerlukan proses menyolder ( langsung tancap ).

I. Diode
Pengertian Dioda adalah komponen aktif yang memiliki dua kutub dan bersifat semikonduktor. Dioda juga bisa dialiri arus listrik ke satu arah dan menghambat arus dari arah sebaliknya. Dioda sebenarnya tidak memiliki karakter yang sempurna, melainkan memiliki karakter yang berhubungan dengan arus dan tegangan komplek yang tidak linier dan seringkali tergantung pada teknologi yang digunakan serta parameter penggunaannya.

J. Transistor
Transistor adalah komponen elektronika semikonduktor yang memiliki 3 kaki elektroda, yaitu Basis (Dasar), Kolektor (Pengumpul) dan Emitor (Pemancar). Komponen ini berfungsi sebagai penguat, pemutus dan penyambung (switching), stabilitasi tegangan, modulasi sinyal dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Selain itu, transistor juga dapat digunakan sebagai kran listrik sehingga dapat mengalirkan listrik dengan sangat akurat dan sumber listriknya.
Pengertian Transistor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Unsur Novel "Maryamah Karpov" karya Andrea Hirata

Teks Ulasan Film Merry Riana "Meraih Sejuta Dollar Bersama Merry Riana"

BOOK REVIEW: ISTANBUL – RETNI SB