Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Rutinitas Senam Ibu Ibu

Senam  merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerak fisik yang teratur.  Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran. Senam dapat dilakukan dimana saja asalkan memiliki ruang yang lenggang. Biasanya senam dilakukan di rumah, lapangan, tempat fittness, di gmynasium maupun di sekolah. Zaman sekarang sejak kecil banyak anak yang sudah terbiasa diajarkan senam baik oleh orang tua maupun guru. Banyak sekali jenis-jenis senam yang dapat dilakukan.
Senam merupakan olahraga yang tidak mengenal batas usia, mulai dari kanak-kanak hingga orang tua pun dapat melakukan gerakan senam. Senam menjadi suatu rutinitas tersendiri bagi kalangan ibu-ibu khususnya di Dusun Kalipakem, Desa Donomulyo. Senam biasanya dilakukan di halaman Panti Al Hidayah karena memilki luas yang cukup untuk menampung jumlah partisipan senam. Tidak hanya ibu-ibu saja melainkan pemudi dan kanak-kanak pun juga ikut. Dengan membawa sound dan menyiapkan lagu untuk senam, mereka siap melenggangkan tubuh sejenak dari rutinitas yang penat.
Rutinitas senam ini dilakukan setiap Sabtu sore sekitar pukul 15.00 WIB.  Dengan menggunakan celana trining mereka siap melakukan pemanasan. Senam dipimpin oleh seorang instruktur yang akan memberi contoh gerakan yang serasi dengan ritme lagu. Lagu yang digunakan pun tidak monoton terkadang dari genre dangdut, pop, bahakan lagu bahasa Inggris pun digunakan. Senam diakhiri hingga pukul 16.00 WIB dengan tepuk tangan yang keras secara bersamaan.
Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh. Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani seperti kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh. Senam juga dapat meningkatkan stamina, daya tahan tubuh dan meningkatkan fungsi jantung. Yang paling penting dari manfaat senam ialah dapat membuat awet muda karena dengan senam, kalori lemak akan terbakar dan membantu pembuangan keringat yang akan meningkatkan elastisitas otot dan kulit sehingga tampak lebih cerah dan bersinar.

Oleh : Sabrina Ikmatul Hadda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Unsur Novel "Maryamah Karpov" karya Andrea Hirata

Teks Ulasan Film Merry Riana "Meraih Sejuta Dollar Bersama Merry Riana"

BOOK REVIEW: ISTANBUL – RETNI SB